Adv

loading...

Seperti ini Tugas dan Tanggung Jawab Bartender Hotel yang harus kita ketahui jika ingin berprofesi sebagai Bartender

Perkembangan Hotel saat ini sangat pesat tuntunya hal ini akan berdampak pada kebutuhan permintaan akan profesi bartender. Tidak semu...


Perkembangan Hotel saat ini sangat pesat tuntunya hal ini akan berdampak pada kebutuhan permintaan akan profesi bartender. Tidak semua hotel membutuhkan bartender hanya hotel dengan level minimal bintang 4 yang akan membutuhkan seorang yang berprofesi sebagai Bartender. Ngomong - ngomong tentang bartander, apasih itu bartender?? kalau kalian masih bingung berikut ini pengertian tentang bartender. Bartender adalah seseorang yang bekerja sebagai peracik dan penyaji minuman (Biasanya minuman yang mengandung Alkohol) di balik meja Bar. Dalam menjalankan aksinya, seorang Bartender biasanya dibantu oleh asisten yang disebut Barback. Sedangkan aksi Bartender itu sendiri, lazim disebut “bartending”. 

Syarat-Syarat Untuk Menjadi Seorang Bartender
Sebagai seorang bartender yang ahli dalam bidang minuman harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut  :
  1. Mempunyai latar belakang pendidikan umum / perhotelan.
  2. memenuhi syarat fisik seperti postur tinggi badan, berpenampilan baik, dan berbadan sehat untuk bekerja 8 jam 1 hari.
  3. Memiliki dedikasi dan kejujuran bagi perusahaan dan mementingkan langganan selama bekerja.
  4. Memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang minuman.
  5. Mengetahui segala macam jenis minuman.
  6. Memiliki keterampilan dan pengetahuan yang luas tentang minuman.
  7. Menguasai tehnik atau mixology mencampur minuman.
Lingkup Kerja dari Bartender Suatu Hotel antara lain :
  1. Bertanggung jawab atas seluruh operasional dan pengkoordinasian bagian Bar, dari persiapan, penjagaan par stock, penjagaan peralatan, inventory, standar pelayanan, standar produk serta kreativitas dari inovasi produk dalam kaitannya dengan memaksimumkan penjualan dan menjaga biaya.
  2. Menjamin dari kualitas standar pelayanan diberikan kepada tamu hotel secara optimum sesuai dengan Tujuan Bisnis dari Perusahaan dan Hotel, serta menjaga dan memelihara dari konsistensi produk.
Tanggung Jawab Profesi Bartender :
  • Memberikan supervisi pada seluruh aspek persiapan dari bar, menjamin bahwa bar counter dan bar prep area serta gudang tersusun rapih, bersih, dan mempunyai segala perlengkapan yang diperlukan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.
  • Menerima/menyambut dan menyapa setiap tamu dengan ramah-tamah dan sopan santun saat mereka berada di bar counter. 
  • Mempunyai pengertian dan pengetahuan yang penuh akan jenis-jenis minuman dan cara pembuatannya baik yang ada dalam drink list maupun minuman cocktail standar Internasional.
  • Menjamin untuk mendapatkan penjualan yang maksimal dan mengetahui promosi, acara, group  band, dan informasi lainnya didapat dan diketahui dengan jelas untuk bahan promosi atau percakapan dengan tamu/pelanggan.
  • Bertanggung jawab atas pelayanan minuman dan karyawan dalam lingkup kerjanya.
  • Memonitor, mengarahkan, memperbaiki, meningkatkan seluruh pelayanan dan produk yang disediakan/diberikan sesuai dengan Standard Operating Procedure dan Standar Beverage Recipe.
  • Mengetahui dan menyediakan pengadaan kebutuhan atas peralatan, general supplies, minuman, garnish dan lainnya untuk kebutuhan produck & pelayanan, terjaga stock-nya.
  • Menjamin prosedur keamanan kerja dan barang/peralatan di Bar terjaga.
  • Melihat dan menjamin seluruh pembebanan biaya kepada tamu terdata/tercatat dalam bill ahirm dan terbayar.
  • Mengadakan inventory dan tally penjualan setiap awal dan ahir shift atau bar buka, memastikan barang yang terpakai sesuai dengan yang terjual dan terdata oleh fasilitas entertainment record.  Melaporkan kehilangan atas perbedaan opening dan closing inventory status kepada atasannya untuk ditindak lanjuti sampai mendapat satu solusi atau alasan atas perbedaan tersebut.
  • Membantu cost control dalam mengadakan inventory bulanan. 
  • Mendata biaya beverage cost per items dalam actual sesuai dengan resep yang ada atau tidak, atau melakukan penyempurnaan atas hasil dari standard beverage recipe tersebut.
  • Membuat inovasi cocktail untuk peningkatan sales dengan pemanfataan slow moving items.
  • Mebuat suatu atraksi sesuai dengan kemampuannya untuk melakukan tricky hiburan terhadap tamu (sulap, juggling, dll).
  • Melaporkan semua ketidak benaran atas keselamatan kerja dan kesehatan dilingkungan kerja kepada atasan.
  • Menghadiri pelatihan dan rapat-rapat yang diadakan oleh FB Manager maupun yang lainnya atas petunjuk FB Manager.
  • Memberikan pelatihan kepada bawahan langsung atau tidak langsung mengenai beverage Knowledge dan pengetahuan lainnya, atas koordinasi atasan dan Chief Trainer.
  • Menjamin semua pekerjaan dilaksanakan dalam peraturan hotel dan dengan standard pelayanan dan penampihan yang tinggi, kebersihan, mengenakan seragam sesuai dengan aturannya dan name beidge, yang juga tertera dalam PKB.
  • Melaksanakan tugas lainnya yang dibebankan oleh FB Management.

COMMENTS

Name

Accounting,4,Food & Beverage,1,Housekeeping,10,Info and Tips,2,
ltr
item
Artikel Ilmu Perhotelan: Seperti ini Tugas dan Tanggung Jawab Bartender Hotel yang harus kita ketahui jika ingin berprofesi sebagai Bartender
Seperti ini Tugas dan Tanggung Jawab Bartender Hotel yang harus kita ketahui jika ingin berprofesi sebagai Bartender
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSpUn-S1zkuWwAmWXiy5IHvMjcnIhQROTGPDI1WeyIXnYkN3LD_AWeol4SkVpRyspEVxBR762AWPBOEADTGwnuot6JsOuQbBcVj0uWWQ4xpfVZn0In7HjBTqFI2oGsXLUABS_dZxmQizd5/s320/bartender.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiSpUn-S1zkuWwAmWXiy5IHvMjcnIhQROTGPDI1WeyIXnYkN3LD_AWeol4SkVpRyspEVxBR762AWPBOEADTGwnuot6JsOuQbBcVj0uWWQ4xpfVZn0In7HjBTqFI2oGsXLUABS_dZxmQizd5/s72-c/bartender.jpg
Artikel Ilmu Perhotelan
https://zonaperhotelan.blogspot.com/2018/09/bartender.html
https://zonaperhotelan.blogspot.com/
http://zonaperhotelan.blogspot.com/
http://zonaperhotelan.blogspot.com/2018/09/bartender.html
true
1188438506400491008
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy