IKLAN

Mengulik Lebih Dalam Tugas dan Peran General Cashier di Hotel

Industri pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk kelancaran pemenuhan kebutuhan operasional hotel. Dalam hal ini General Cashier berperan dalam kelancaran kebutuhan operasional karena General Cashier bertanggung jawab dalam mengelola seluruh keuangan yang ada di hotel.

Bagian yang mengelola dan mengamankan keuangan di hotel baik dalam bentuk mata uang lokal maupun mata uang asing yang dihasilkan dari hasil operasional Hotel disebut Kasir Umum atau General Cashier. General Cashier bertugas menerima seluruh hasil penjualan ataupun pendapatan dari dalam hotel maupun dari luar hotel dan menyimpan hasil tersebut sesuai dengan ketentuan perusahaan serta mengeluarkan dana tersebut untuk digunakan dengan semestinya dengan melampirkan bukti resmi yang akurat.


Berikut ini Job Description General Cashier…
  1. Menerima seluruh hasil penjualan tunai dari hasil penjualan outlet hotel.
  2. Menerima seluruh hasil penagihan utang dari Bill Collector.
  3. Menerbitkan bukti penerimaan kas atas seluruh hasil penerimaan tunai dari Casir Outlet atau Bill Collector.
  4. Menyerahkan bukti penerimaan kas atas tagihan bill collector kepada AR Clerk.
  5. Menyetorkan hasil penjualan tunai kepada Bank Perusahaan.
  6. Menerima giro dari AP Clerk untuk pembayaran kepada supplier.
  7. Menerima Voucher Payment (bukti penjualan kas) dari AP untuk pembayaran supplier.
  8. Membayar seluruh tagihan atau kewajiban perusahaan.
  9. Menginformasikan kepada AP Clerk Realisasi Pembayaran Kas.
  10. Mencatat / membukukan seluruh penerimaan atau penjualan ke dalam buku kas / bank.
  11. Meminta atau mengambil rekening Koran dari bank atas nama perusahaan.

Dan beikut ini SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) General Cashier..
  1. General Cashier menyetor uang hasil pendapatan beserta giro dan cek setiap hari nya ke bank.
  2. Seluruh jumlah pendapatan di catat di buku kas.
  3. Setiap penyerahan atas tagihan, harus ada tanda terima penyerahannya, setelah itu General Cashier menerbitkan Form Bukti Penerimaan kas, setelah itu diserahkan ke AR’
  4. Voucher Payment di terbitkan oleh Account Payable.
  5. Voucher Payment diApprove oleh Chief Account dan General Manager (minimal 2 orang atasan), diterima oleh AP ( sebagai bukti pengeluaran kas ).
  6. Seluruh uang yang dikeluarkan oleh Voucher Payment harus di tanda tangani oleh penerima.
  7. Buku Kas di gunakan untuk mencatat semua pengeluaran kas.
  8. Buku Bank di gunakan untuk mencatat semua pengeluaran Bank.
  9. Supplier memberikan tanda terima untuk pembayaran kepada General Cashier, setelah itu General Cashier membuat form penerimaan dan di tandatangani oleh supplier.
  10. Rekening Koran di ambil oleh General Cashier, untuk dilakukan Bank Rekonsiliasi.
  11. Melakukan penutupan buku ( closing ) sebelum jam 3 dengan menerangkan Saldo Kas dan Saldo Bank.
  12. Mencatat kelebihan/kekurangan yang terjadi ketika penyetoran hasil pendapatan oleh Cashier Outlet, dan segera di tindak lanjuti.
Demikianlah tugas dan peran General Cashier di Hotel....Semoga artikel ini bermanfaat.

Post a Comment

Previous Post Next Post