Kerjasama housekeeping dengan HRD
adalah hubungan ketenagakerjaan seperti perencanaan, pengadaan dan pelatihan.
Proses ini mulai dari menyaring, merekrut, orientasi, pelatihan, promosi hingga
pension.
Perencanaan berarti bekerja sama
dalam menyusun jumlah tenaga kerja yang akan diangkat sesuai dengan kebutuhan
di housekeeping. Pengadaan merupakan usaha untuk merekrut tanaga keja sesuai
dengan Jumlah seharusnya sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan
keterampilan dan pengetahuan karyawan agar dapat melakukan tugasnya dengan
baik.
Jumlah karyawan harus ideal
sesuai dengan kebutuhan departemen. Karyawan yang kurang memperlambat pelayanan
dan menurunkan kualitas kebersihan sedangkan karyawan yang terlalu banyak akan
meningkatkan biaya operasional.
HRD
- Menyeleksi dan merekrut karyawan yang dibutuhkan housekeeping.
- Menyediakan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keerampilan karyawan.
- Bertanggung jawab dalam pendataan semua karyawan.
- Bertanggung jawab dalam memberikan hak-hak karyawan seperti gaji, Hari libur dan cuti.
- Bertanggung jawab dalam memberikan teguran, peringatan dan PHK bagi karyawan.
Housekeeping
- Membuat struktur organisasi dan kebutuhan karyawan ideal tiap-tiap section di housekeeping.
- Menyediakan job analisis dan spesifikasi kerja untuk setiap karyawan.
- Memberikan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keteramplan karyawan.
- . Memberikan kesempatan bagi karyawan uttuk berkembang dan menjadi lebih baik.
Post a Comment