Tujuan utama departement housekeeping hotel adalah untuk memaksimalkan pengelolaan seluruh sumber daya yang ada secara efektif dan efisien dalam mendukung visi dan misi hotel dalam menyajikan produk dan pelayanan kepada tamu.
Sasaran housekeeping dalam kebersihan, kerapihan serta kenyamanan tentu akan memberikan rasa puas dan aman bagi tamu yang menginap. Sasaran dan tugas tersebut sangat beragam sehingga membutuhkan kerjasama dan interaksi yang saling menguntungkan dengan department lain yang ada di hotel seperti Front Office, Food & Beverage, Engineering, Human Resources ,dan lain sebagainya. Oleh karena itu kerja sama yang solid antar departemen dapat membantu proses memuaskan tamu-tamu hotel dalam segala hal. Semakin baik kerjasama housekeeping dengan departemen lain semakin mudah bagi housekeeping untuk menjalankan fungsinya dan mengeliminasi masalah yang akan muncul.
Hubungan Housekeeping dengan Front Office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan tamu.
Front Office
- Mengirimkan data forecast occupancy yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau jumlah kamar yang telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan dalam satu hari, mingguan, bulanan, tiga bulanan bahkan data untuk satu tahun.
- Mengirimkan EA rooms atau daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini.
- Mengirim kamar yang diblok untuk VIP.
- Memberitahukan setiap pergantian kamar.
- Meminta pemasangan extra bed atau baby box.
- Memberikan Kamar xpected departure list pada hari ini.
- Melaporkan complaint tamu tentang kondisi kamar.
- Membantu housekeeping untuk menagih pembayaran barang-barang yang rusak / hilang dari kamar.
-
Mempersipkan dan membersihkan kamar-kamar yang sudah check out secepatnya agar dapat dijual kembali.
- Membuat laporan Room discrepancy.
- Menyiapkam kamar-kamar yang EA, VIP.
- Membuat housekeeping report.
- Memasang Extra bed atau baby box dan menginformasikannya ke front office.
- Me-release kamar-kamar yang sudah dibersihkan dengan segera agar dapat kembali dijual.
- Memberitahukan kamar-kamar yang status out of order akibat kerusakan ataupun karena program general cleaning dari housekeeping.
- Melaporkan penemuan barang tamu yang tertinggal di kamar dan mencatatnya pada Lost and Found log book.
- Melaporkan barang hotel yang hilang dari kamar untuk ditagihkan ke tamu tersebut.
إرسال تعليق