Adv

loading...

Mengulik Lebih Dalam Tugas dan Peran General Cashier di Hotel

Bagian yang mengelola dan mengamankan keuangan di hotel baik dalam bentuk mata uang lokal maupun mata uang asing yang dihasilkan dari hasil operasional Hotel disebut Kasir Umum atau General Cashier. General Cashier bertugas menerima seluruh hasil penjualan ataupun pendapatan dari dalam hotel maupun dari luar hotel

Industri pariwisata khususnya dalam bidang perhotelan selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk kelancaran pemenuhan kebutuhan operasional hotel. Dalam hal ini General Cashier berperan dalam kelancaran kebutuhan operasional karena General Cashier bertanggung jawab dalam mengelola seluruh keuangan yang ada di hotel.

Bagian yang mengelola dan mengamankan keuangan di hotel baik dalam bentuk mata uang lokal maupun mata uang asing yang dihasilkan dari hasil operasional Hotel disebut Kasir Umum atau General Cashier. General Cashier bertugas menerima seluruh hasil penjualan ataupun pendapatan dari dalam hotel maupun dari luar hotel dan menyimpan hasil tersebut sesuai dengan ketentuan perusahaan serta mengeluarkan dana tersebut untuk digunakan dengan semestinya dengan melampirkan bukti resmi yang akurat.


Berikut ini Job Description General Cashier…
  1. Menerima seluruh hasil penjualan tunai dari hasil penjualan outlet hotel.
  2. Menerima seluruh hasil penagihan utang dari Bill Collector.
  3. Menerbitkan bukti penerimaan kas atas seluruh hasil penerimaan tunai dari Casir Outlet atau Bill Collector.
  4. Menyerahkan bukti penerimaan kas atas tagihan bill collector kepada AR Clerk.
  5. Menyetorkan hasil penjualan tunai kepada Bank Perusahaan.
  6. Menerima giro dari AP Clerk untuk pembayaran kepada supplier.
  7. Menerima Voucher Payment (bukti penjualan kas) dari AP untuk pembayaran supplier.
  8. Membayar seluruh tagihan atau kewajiban perusahaan.
  9. Menginformasikan kepada AP Clerk Realisasi Pembayaran Kas.
  10. Mencatat / membukukan seluruh penerimaan atau penjualan ke dalam buku kas / bank.
  11. Meminta atau mengambil rekening Koran dari bank atas nama perusahaan.

Dan beikut ini SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) General Cashier..
  1. General Cashier menyetor uang hasil pendapatan beserta giro dan cek setiap hari nya ke bank.
  2. Seluruh jumlah pendapatan di catat di buku kas.
  3. Setiap penyerahan atas tagihan, harus ada tanda terima penyerahannya, setelah itu General Cashier menerbitkan Form Bukti Penerimaan kas, setelah itu diserahkan ke AR’
  4. Voucher Payment di terbitkan oleh Account Payable.
  5. Voucher Payment diApprove oleh Chief Account dan General Manager (minimal 2 orang atasan), diterima oleh AP ( sebagai bukti pengeluaran kas ).
  6. Seluruh uang yang dikeluarkan oleh Voucher Payment harus di tanda tangani oleh penerima.
  7. Buku Kas di gunakan untuk mencatat semua pengeluaran kas.
  8. Buku Bank di gunakan untuk mencatat semua pengeluaran Bank.
  9. Supplier memberikan tanda terima untuk pembayaran kepada General Cashier, setelah itu General Cashier membuat form penerimaan dan di tandatangani oleh supplier.
  10. Rekening Koran di ambil oleh General Cashier, untuk dilakukan Bank Rekonsiliasi.
  11. Melakukan penutupan buku ( closing ) sebelum jam 3 dengan menerangkan Saldo Kas dan Saldo Bank.
  12. Mencatat kelebihan/kekurangan yang terjadi ketika penyetoran hasil pendapatan oleh Cashier Outlet, dan segera di tindak lanjuti.
Demikianlah tugas dan peran General Cashier di Hotel....Semoga artikel ini bermanfaat.

COMMENTS

Name

Accounting,4,Food & Beverage,1,Housekeeping,10,Info and Tips,2,
ltr
item
Artikel Ilmu Perhotelan: Mengulik Lebih Dalam Tugas dan Peran General Cashier di Hotel
Mengulik Lebih Dalam Tugas dan Peran General Cashier di Hotel
Bagian yang mengelola dan mengamankan keuangan di hotel baik dalam bentuk mata uang lokal maupun mata uang asing yang dihasilkan dari hasil operasional Hotel disebut Kasir Umum atau General Cashier. General Cashier bertugas menerima seluruh hasil penjualan ataupun pendapatan dari dalam hotel maupun dari luar hotel
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibpaqzIdOwddvRXRmvDCi0MZeSGikRUDudrrbf2K3kyRo1dgTuN7kBtz1vKPRk9s8wCk5kmw0GHEvS3ejToZK6KUWuGu6wZzlUN7GbA85eeAN1DXsVwb_hkIf0n92YbrZs58TFKRRs7x1c/s320/gnrlcashier.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEibpaqzIdOwddvRXRmvDCi0MZeSGikRUDudrrbf2K3kyRo1dgTuN7kBtz1vKPRk9s8wCk5kmw0GHEvS3ejToZK6KUWuGu6wZzlUN7GbA85eeAN1DXsVwb_hkIf0n92YbrZs58TFKRRs7x1c/s72-c/gnrlcashier.jpg
Artikel Ilmu Perhotelan
http://zonaperhotelan.blogspot.com/2018/05/mengulik-lebih-dalam-tugas-dan-peran.html
http://zonaperhotelan.blogspot.com/
http://zonaperhotelan.blogspot.com/
http://zonaperhotelan.blogspot.com/2018/05/mengulik-lebih-dalam-tugas-dan-peran.html
true
1188438506400491008
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy