Adv

loading...

PENGERTIAN HOTEL DAN PENGELOMPOKAN JENIS HOTEL

Kata “Hotel” untuk daerah perkotaan bukanlah kata yang baru melainkan suatu kata yang sudah umum di dengar. Tapi tahukah anda Apa peng...


Kata “Hotel” untuk daerah perkotaan bukanlah kata yang baru melainkan suatu kata yang sudah umum di dengar. Tapi tahukah anda Apa pengertian Hotel? Beberapa ahli mengungkapkan pendapat mereka tetang pengertian Hotel, salah satunya Bpk. Sulastiyono (2001- 5) Menurut Beliau, Hotel adalah suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur kepada orang-orang yang melakukan perjalanan dan mampu membayar dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima tanpa adanya suatu perjanjian khusus. Istilah hotel pertama kali dikenal di Negara Prancis maka tak heran jika Kata Hotel berasal dari bahasa Perancis dengan sebutan hostel yang artinya “tempat penampungan buat pendatang” atau bisa juga diartikan “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Oleh sebab itu, keberadaan hostel untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sebagai tempat tinggal sementara. Hostel inilah cikal bakal kata hotel yang kita kenal saat ini.

Pada era modern Hotel menjadi salah satu pendukung dari beberapa kegiatan di sektor pariwisata yang menyadiakan sarana akomodasi dan tempat pertemuan antara wisatawan dan pelaku industri.

Berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no KM 94/HK103/MPPT 1987, Hotel diartikan sebagai suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunannya untuk menyediakan jasa pelayanan, penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan didalam keputusan pemerintah.

Menurut Tarmoezi (2000) Penentuan jenis hotel terlepas dari kebutuhan pelanggan dan ciri atau sifat khas yang di miliki wisatawan. Berdasarkan hal tersebut, dapat dilihat dari lokasi dimana hotel tersebut dibangun, sehingga hotel dikelompokkan dalm beberapa jenis berikut ini :
  1. City Hotel
  2. City hotel biasanya terletak di perkotaan, yang biasanya digunakan masyarakat untuk tinggal sementara dalam waktu pendek. City hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya city hotal dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan pelayanan bisnis dan fasilitas yang disediakan oleh hotel tersebut.

  3. Residential Hotel
  4. Hotel residen biasanya terletak di daerah pinggiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, namun mudah untuk mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Biasanya hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Hotel residen dilengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.

  5. Resort Hotel
  6. Resort Hotel merupakan hotel yang berlokasi di daerah pegunungan atau di tepi pantai, di tepi danau atau ditepi aliran sungai. Hotel ini diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berrekreasi.

  7. Hotel (Motor Hotel)
  8. Motel berlokasi di pinggiran atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya atau berada di pinggiran jalan rasa dekat pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini biasanya diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri.

COMMENTS

Name

Accounting,4,Food & Beverage,1,Housekeeping,10,Info and Tips,2,
ltr
item
Artikel Ilmu Perhotelan: PENGERTIAN HOTEL DAN PENGELOMPOKAN JENIS HOTEL
PENGERTIAN HOTEL DAN PENGELOMPOKAN JENIS HOTEL
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixLwJXMqoRiUX9jdKUy3xURwLiNWjIUO3w4yw2zWJVrqJ-OoC5eWO0DtxO2KHrGcp2cxLLJVF6qDShLTDCOLMWcJBfZcxs-wKe9GqkM-YPGSZW9heaFWGyHgLZ1e5bta4yRcSOGUbSr7UA/s320/zenith-1280x1280.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixLwJXMqoRiUX9jdKUy3xURwLiNWjIUO3w4yw2zWJVrqJ-OoC5eWO0DtxO2KHrGcp2cxLLJVF6qDShLTDCOLMWcJBfZcxs-wKe9GqkM-YPGSZW9heaFWGyHgLZ1e5bta4yRcSOGUbSr7UA/s72-c/zenith-1280x1280.jpeg
Artikel Ilmu Perhotelan
http://zonaperhotelan.blogspot.com/2018/05/jangan-cuma-dengar-kata-hotel-tapi-tak.html
http://zonaperhotelan.blogspot.com/
http://zonaperhotelan.blogspot.com/
http://zonaperhotelan.blogspot.com/2018/05/jangan-cuma-dengar-kata-hotel-tapi-tak.html
true
1188438506400491008
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy